Tulisan ini untuk memenuhi tugas softskill pengantar teknologi game, berupa merangkum sebuah jurnal tentang game. Saya pun memilih sebuah jurnal dengan judul "Pengaruh Game Online Terhadap Prestasi Belajar Siswa" yang ditulis oleh Bapak Muhamad Yahya. Adapun jurnal yang telah dirangkum saya paparkan di bawah ini.
Perkembangan teknologi di Era sekarang ini
sangat pesat. Berbagai kemajuan teknologi dapat kita peroleh dengan mudahnya.
Seiring dengan perkembangan zaman dan pesatnya perkembangan teknologi itu komunikasi
antasar manusia dapat dilakukan dengan berbagai alat atau
sarana, salah satunya sarana untuk penyegaran, seperti bermain game
online.
Game online, kata yang sering digunakan untuk
merepresentasikan sebuah permainan digital yang sedang marak di zaman yang
modern ini. Game online ini banyak dijumpai di kehidupan
sehari-hari. Walaupun beberapa orang berpikir bahwa game online identik
dengan Komputer, game tidak hanya beroperasi di komputer. Game dapat
berupa konsol, handled, bahkan gamejuga ada di
telepon genggam. Game online berguna untuk refreshing atau
menghilangkan rasa jenuh si pemain baik itu dari kegiatan sehari-hari (kerja,
belajar, dan faktor lainnya) maupun sekadar mengisi waktu luang.
Yang mendominasi memainkan game
online adalah kalangan pelajar. Pelajar yang
kita maksud di sini adalah seorang anak, baik laki-laki maupun perempuan,
berusia 8-17 tahun yang masih menjajaki dunia pendidikan khususnya di tingkat
SD, SMP, dan SMA. Siswa, selain mempunyai hak yang harus di terima, juga
mempunyai kewajiban yang harus dipenuhinya. Salah satu kewajiban seorang
pelajar yang kita ketahui adalah menuntut ilmu dan belajar.
Di jaman sekarang kewajiban seorang pelajar mulai
terkikis adanya arus globalisasi pada kemajuan teknologi, pelajar lebih
menomorduakan belajar dari pada bermain game online, di dalam
kesehariannya para pelajar lebih cepat terpengaruh ajakan dari teman-teman,
selain ajakan teman-teman rasa penasaran akan sesuatu yang baru lah yang
mendorong mereka untuk mencoba mencoba hal-hal yang belum pernah mereka
lakukan.
Prestasi Belajar
Prestasi belajar adalah
susatu kegiatan berproses untuk menambah pengetahuan, ketrampilan. Prestasi
belajar juga bisa dapat diartikan sebagai hasil yang diperoleh dalam belajar
yang berupa pengetahuan dan sikap yang diperoleh siswa selama mengikuti
pelajarna disekolah yang dinyatakan dalam bentuk angka
Faktor faktor yang
mempengaruhi prestasi belajar
- Faktor internal. Berkaitan dengan pengaruh yang datangnya dari siswa yang belajar itu sendiri, misalnya : kecerdasan, kesiapan, motivasi, minatm dan kebiasaan pelajar, itu merupakan berasal dari diri sendiri
- Faktor eksternal. Faktor yang berasal dari luar seseorang pelajar yang dapat mempengaruhi prestasi belajar siswa, misalnya: biaya pendidikan, fasilitas pelajar, tenaga pendidik, bimbingan orang tua, dsb.
Dampak negatif dan positif game online
Dampak positif dari game online bagi pelajar.
- Pergaulan siswa akan lebih mudah di awasi oleh orang tua.
- Otak siswa akan lebih aktif dalam berfikir.
- Reflek berfikir dari siswa akan lebih cepat merespon.
- Emosional siswa dapat di luapkan dengan bermain game.
- Siswa akan lebih berfikir kreatif
Dampak negatif dari game online bagi pelajar.
- Siswa akan malas belajar dan sering menggunakan waktu luang mereka untuk bermain game online.
- Siswa akan mencuri curi waktu dari jadwal belajar mereka untuk bermain game online
- Waktu untuk belajar dan membantu orang tua sehabis jam sekolah akan hilang karena maen game.
- Uang jajan atau uang bayar sekolah akan di selewengkan untuk bermain game online
- Lupa waktu
- Pola makan akan terganggu
- Emosional siswa juga akan terganggu karena efek game ini.
- Jadwal beribadahpun kadang akan di lalaikan oleh siswa.
- Siswa cenderung akan membolos sekolah demi game kasayangan mereka.
Penelitian ini dilakukan
secara langsung dengan meneliti siswa SMA melalui wawancara maupun observasi
secara langsung ketika pelajar sedang bermain game online. Penelitian ini di
lakukan selama 3 minggu mulai tanggal 1-3 november 2013. Berikut adalah data yang
diperoleh
Peran guru dan orang tua sangat berpengaruh terhadap pengendalian masalah tersebut, orang tua lebih untuk mengatur kebiasaan anak, anak lebih di ajarkan hal-hal positif, untuk belajar ataupun bermain musik, sedangkan guru lebih mengarahkan ke bakat minat anak masing-masing agar hobi mereka tersalurkan dan tidak lari kearah game online.
No
|
Nama
|
Waktu
|
Keterangan
|
||
Kamis
|
Jumat
|
Sabtu
|
|||
1
|
Ranu Putra W
|
19:00 – 01:00
( 7 Jam)
|
01:00 -06:00
( 6 Jam )
|
19.00-00.00
( 6 Jam)
|
Dirumah
|
2
|
Jefri Setiady
|
21:00-02:00
( 6 Jam )
|
20:00-04:0
( 8 Jam )
|
21:00-00.00
( 4 Jam )
|
Dirumah
|
3
|
Dimas Fachrizal P
|
14:00-20:00
( 7 Jam )
|
13:00-17:00
( 5 Jam)
|
-
|
Dirumah
|
Kesimpulan dari table
menunjukan bahwa siswa lebih senang bermain game online daripada belajar, mereka
lebih banyak bermain daripada pegang buku yaitu belajar.
Hasil
penelitian perilaku
Berdasarkan hasil wawancara maupun observasi secara langsung dipereloh data sebagai berikut:
Berdasarkan hasil wawancara maupun observasi secara langsung dipereloh data sebagai berikut:
- Mudah bergaul dengan sesama gamer
- Pintar mengatur strategi.
- Konsentrasi tinggi.
- Menghilangkan stress.
- Lupa waktu.
- Tidak peduli terhadap sekitar.
- Lupa kewajiban: sholat, kuliah dll
- Lupa istirahat, makan dll.
- Sering mengucapkan kata-kata kotor.
Peran guru dan orang tua sangat berpengaruh terhadap pengendalian masalah tersebut, orang tua lebih untuk mengatur kebiasaan anak, anak lebih di ajarkan hal-hal positif, untuk belajar ataupun bermain musik, sedangkan guru lebih mengarahkan ke bakat minat anak masing-masing agar hobi mereka tersalurkan dan tidak lari kearah game online.
Link Sumber Jurnal:
Halloo.. Bertemu lagi bersama kami S128Cash Agen Betting Online Indonesia Terfavorite dan Terpercaya.
BalasHapusKami siap memberi pelayanan Terbaik 24 jam 7 hari NONSTOP.
Untuk kenyaman dan keamanan Anda bermain disini sudah pasti yang Terbaik..!!
Dan sudah pastinya kami menyediakan semua permainan Terbaik seperti Sportsbook, Live Casino, Sabung Ayam Online, IDN Poker dan masih banyak permainan lainnya.
Nikmati juga berbagai PROMO BONUS S128Cash :
- BONUS NEW MEMBER 10%
- BONUS DEPOSIT SETIAP HARI 5%
- BONUS CASHBACK 10%
- BONUS 7x KEMENANGAN BERUNTUN !!
Selain menyediakan semua bank local Indonesia, Anda juga dapat melakukan deposit melalui PULSA, OVO dan GOPAY.
Hubungi kami :
- Livechat : Live Chat Judi Online
- WhatsApp : 081910053031
Link Alternatif :
- http://www.s128cash.biz
Judi Bola
Menang Judi Bola Ratusan Juta