Minggu, 16 Maret 2014

Bad Design

Bad Design jika diartikan dalam Bahasa Indonesia adalah desain yang buruk. Kali ini contoh bad design yang akan saya bahas adalah sebuah website. Website seharusnya dibuat dengan antarmuka yang menarik dan dapat menyampaikan informasi yang jelas dan mudah dimengerti. Sehingga pembaca atau pengunjung website tersebut menjadi betah. 
Ada beberapa website yang kurang memperhatikan antarmuka dan lebih mengutamakan isi dari website tersebut. Padahal pengunjung pasti akan melihat tampilan website terlebih dahulu baru akan membaca isi atau informasi didalamnya. Seperti website di bawah ini yang menurut saya memiliki bad design.




Mengapa dikatakan bad design?
  1. Warna latar belakang penulisan yang transparan dengan latar belakang website
  2. Warna tulisan dengan bermacam-macam warna (merah, biru, hijau, kuning, putih)
  3. Ukuran font yang berbeda-beda
  4. Terlalu banyak tulisan dan tidak rapi.

Lalu Bagaimana Seharusnya?
  1. Memang website http://www.mrbottles.com/ adalah website dengan tema botol antik yang menggunakan latar belakang website  beberapa bortol. Namun, seharusnya latar belakang untuk penulisan tidak dibuat transparan, ubahlah menjadi warna yang solid. Sehingga gambar botol yang menjadi latar belakang website tidak tertutp dengan tulisan. Dan tulisan pun dapat dengan jelas dibaca oleh pengunjung.
  2. Warna tulisan dengan berbagai macam warna tentu saja tidak enak dipandang mata. Sebaiknya gunakan warna yang sama untuk menulis informasi di website.
  3. Penyesuaian ukuran font juga harus diperhatikan. Ukuran font yang terlalu kecil sulit untuk dibaca oleh pembaca. Sesuaikan sesuai kebutuhan. Jangan terlalu besar dan jangan terlalu kecil. Yang sedang-sedang saja.
  4. Terlalu banyak tulisan pada halaman awal website, tentu bukan hal yang bagus. Karena akan membuat pengunjung cepat bosan bahkan yang tadinya ingin membaca menjadi enggan untuk membaca dan malah keluar dari website. 
  5. Pemberian jeda antara pendeskripsian satu botol dengan lainnya menurut saya sangat penting. Agar pembaca yang ingin mengetahui berbagai macam botol tidak bingung dan membuat website tentu lebih rapi.

Penjelasan diatas adalah pandangan menurutku, bagaimana menurutmu? :)
Jika ada kata-kata yang kurang berkenan mohon dimaafkan. Terima Kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar